Calon Mahasiswa Asing dari Yaman, Thailand, India Berharap Bisa Studi Sampai S3 di UIN Salatiga

Pada Senin, 08 Juli 2024, Pusat Kerja Sama Internasional (PKSI) LP2M UIN Salatiga melakukan fasilitasi wawancara online dengan 7 calon mahasiswa asing (MA) dari negara India, Thailand dan Yaman. Diantaranya 4 calon MA dari negara Yaman, 2 calon MA dari Thailand, dan 1 calon MA dari India. Mereka ada yang berencana studi S1 di Bahasa dan Sastra Arab, Manajemen Dakwah dan di prodi-prodi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Wawancara online dilaksanakan pada waktu yang sama menggunakan Zoom.

Wawancara dilakukan kepada semua calon MA secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Wawancara dimulai dengan pembukaan dari Kepala Pusat Kerja Sama Internasional, Ibu Marisa Fran Lina, M. Pd., sebagai fasilitator kemudian dilanjutkan perkenalan oleh para pewawancara yaitu Bapak Sri Guno Najib Chaqoqo, S.Pd.I., M.A., Bapak Roviin M, Ag. dan Bapak Dr. Ahmad Mifdlol Muthohar, Lc., M.S.I.. Beliau para pewawancara menanyakan tentang profil, background, skill juga motivasi calon MA untuk melanjutkan studi di UIN Salatiga. Ke 5 mahasiswa tersebut juga diwawancarai mengenai rencana setelah lulus.

Para calon mahasiswa baru dari berbagai negara ini mempunyai semangat yang besar untuk belajar di salatiga, beberapa mahasiswa asing juga ingin belajar bahasa inggris dan bahasa indonesia ketika sesampainya mereka di salatiga, ada juga beberapa mahasiswa yang ingin belajar di UIN Salatiga hingga Program Doktoral (S3) karena suka salatiga dengan toleransinya yang dicantumkan di beberapa artikel ternama di indonesia. (R. ed. MFL)