Halal Center UIN Salatiga kirim utusan pelatihan juru sembelih halal berstandar SKKNI

Walisongo Halal Center (WHC) UIN walisongo semarang mengadakan pelatihan juru sembelih halal pada sabtu 15 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan kegiatan ketiga yang diselenggarakan oleh WHC UIN Walisongo. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para juru sembelih dengan pengetahuan dan keterampilan yang memadai agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Halal Center UIN Salatiga mengirimkan 2 anggotanya untuk mengikuti pelatihan ini. Pengiriman pelatihan ini diharapkan dapat membuat Halal center UIN Salatiga memeiliki juru sembelih halal yang berstandar SKKNI.

Ahmadi H.D , Ketua Halal Center UIN Salatiga, menyatakan bahwa pengiriman dua personil dari UIN Salatiga ini diharapkan mampu menambah personil yang nantinya dapat mendukung program mandotory halal kementrian agama. Selain itu, beliau juga berharap agar kedepannya halal center UIN Salatiga juga dapat mengadakan pelatihan hal serupa di kota salatiga agar ketersebaran daging dengan penyembelihan halal mudah didapatkan di kota salatiga.

Materi yang diberikan dalam pelatihan ini diantaranya adalah tata cara penyembelihan hewan sesuai dengan syariat Islam, prinsip-prinsip kesejahteraan hewan, teknik penyembelihan yang higienis, serta prosedur administrasi yang harus dipenuhi untuk mendapatkan sertifikasi Juleha ber-SKKNI.

Personil yang dikirimkan untuk mengikuti pelatihan juru sembelih halal ini adalah Dr. Iskandar dan Erkham Maskuri Lc. M.Si. Beliau berdua merupakan dosen UIN Salatiga yang memiliki kemampuan dan terbiasa melakukan penyembelihan hewan. Pelatihan ini penting bagi keduanya untuk mendapatkan legalitas sebagai juru sembelih halal yang nantinya akan bermanfaat bagi lembaga.

“pelatihan ini sangat bagus dan menarik. semoga nantinya, kami bisa ikut berkontribusi dalam implementasi program halal pemerintah dalam penjaminan produk olahan daging di Salatiga dan UIN Salatiga bisa membuka pelatihan semacam ini kedepannya” tutur Erkham Maskuri sebagai peserta pelatihan yang dikirim oleh Halal Center UIN Salatiga