Rakor Pengembangan Lembaga UIN Salatiga Bersama Pemkot Salatiga dan Pemkab Semarang

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) bersama Bagian Perencanaan UIN Salatiga menginisiasi kegiatan Rakor Pengembangan Lembaga UIN Salatiga bersama Pemkot Salatiga dan Pemkab Semarang bertempat di The Wujil Resort & Conventions pada 25 sd 27 Juli 2024. Kegiatan tersebut dihadiri unsur internal UIN Salatiga dan unsur eksternal dari Dinas di lingkungan Pemkot Salatiga dan Pemkab Semarang. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengetahui bagaimana lembaga UIN Salatiga kedepannya.

Narasumber utama dalam kegiatan tersebut adalah Riwu Wulan, S.T., M.Pd. dari IAKN Palangka Raya. Beliau memberikan gambaran bagaimana proses IAKN Palangka Raya bersama IAIN Palangka Raya dan IAHN Palangka Raya sukses menjadi tuan rumah KKN Nusantara Moderasi Beragama 2023 dan 2024. Proses panjang yang dilalui IAKN Palangka Raya bersama dua perguruan tinggi lain dalam menghelat KKN Nusantara Moderasi Beragama diceritakan dengan gamblang. Hal ini menjadi salah satu informasi penting bagi UIN Salatiga karena UIN Salatiga berencana menjadi tuan rumah KKN Nusantara Moderasi Beragama 2025.

Pada hari kedua, dilakukan Focus Group Discussion (FGD) antara LP2M UIN Salatiga dengan Pemkot Salatiga, Pemkab Semarang, dan IAKN Palangka Raya. Forum ini menjadi kesempatan LP2M UIN Salatiga untuk menjaring sebanyak mungkin pandangan, pemikiran, dan peluang untuk pengembangan lembaga UIN Salatiga baik di bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Kerjasama, dan bidang lain. Setiap peserta FGD diminta untuk mengemukakan apa saja yang menjadi pemikiran dan pandangan yang dimiliki untuk kemudian dirangkum dan disampaikan pada semua peserta Rakor tentang bagaimana UIN Salatiga berkembang kedepannya. Semua peserta FGD bersemangat dan saling terbuka satu sama lain.

Pada saat yang bersamaan, tim Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Salatiga diberikan forum untuk mempersiapkan Visiting Stage 2 ISO 21001:2018. Visitasi dari assesor ISO yang rencananya akan dilaksanakan pada 29 sd 31 Juli 2024 perlu dipersiapkan dengan matang. LPM bersama tim melakukan checking akhir untuk menyambut visitasi nanti. Hal ini juga menjadi agenda pada Rakor kali ini.

Pada akhir kegiatan Rakor, disampaikan resume hasil FGD terkait pengembangan lembaga oleh Ketua LP2M, Hammam, Ph.D. Beliau menyampaikan semua pandangan dan pemikiran dari peserta FGD kepada pimpinan UIN Salatiga dan peserta Rakor. Hal ini ditanggapi langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UIN Salatiga, Prof. Dr. Muh. Saerozi, M.Ag. Beliau menyampaikan bahwa perkembangan UIN Salatiga akan membawa dampak baik bagi daerah Salatiga dan Semarang sehingga mari kita rajut Perkawanan bukan Perlawanan, Pengakuan bukan Perakuan, dan Persandingan bukan Pertandingan.