Dosen BKPI Menangi Lomba Opini Moderasi Beragama

Lomba Penulisan Opini Moderasi Beragama telah berakhir. Lomba yang dimotori oleh Center of Wasathiyyah Islam (Pusat Wasathiyyah Islam) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga itu dilaksanakan pada 8 Juni 2024. Ada sebanyak 44 tulisan yang dikirim ke panitia. Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Humaniora menjadi penyumbang peserta terbanyak, yakni 32%.

Tulisan dengan judul “Harmoni Spiritual dan Kesejahteraan Psikologis dalam Bingkai Moderasi Beragama di UIN Salatiga” menjadi Karya Terbaik I lomba itu untuk kategori dosen. Oleh juri eksternal, opini dari Muhamad Rozikan, dosen Program Studi BKPI, ini diganjar nilai lebih dari peserta-peserta lain, terutama pada aspek gagasan (orisinal, kreatif, aktual).

Selain dosen, peserta lomba juga berasal dari mahasiswa dan tenaga kependidikan. Muhammad Izra Fauzi, dengan judul “Kontemplasi Toleransi Menuju Indonesia Moderasi Beragama Inklusif” berhasil menarik perhatian juri. Mahasiswa Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir itu mengungguli peserta lain, terlebih pada bagian argumentasinya yang dianggap kuat. Sementara itu, Siti Mukaromah Fikriyah sukses mendapat predikat Terbaik I untuk kategori tenaga kependidikan berkat opininya yang berjudul “Penguatan Moderasi Beragama dalam Mewujudkan Fungsi ASN sebagai Perekat dan Pemersatu Bangsa”.

Daftar pemenang pada masing-masing kategori dapat diakses di link berikut: https://s.id/bestOpMB24