LP2M, UIN Salatiga-Mahasiswa UIN Salatiga menyelenggarakan seminar UMKN dengan tema “Strategi Pemasaran Melalui Branding Produk dan Sertifikasi Halal Guna Memajukan UMKM Desa Bedono” .
Materi pertama dalam seminar ini disampaikan oleh Bapak Supardi, S.E., M.M.yang terkait dengan branding produk dalam peningkatan penjualan. Dijelaskan bahwa secara harfiah branding artinya ialah suatu nama, istilah, sombil, desain, atau kombinasi antara hal-hal yang telah disebutkan tersebut untuk mengidentifikasi suatu barang atau jasa serta berguna untuk membedakan suatu produk satu dengan yang lainnya. Branding merupakan upaya atau usaha total dan bersifat jangka panjang bagi suatu perusahaan untuk membentuk suatu identitas. Brand sendiri dapat mendorong suatu produk mencapai harga premium, sehingga bukan hanya sekedar nama atau mereka. Selain itu, dijelaskan oleh bapak Supardi bahwa harus terdapat beberapah yang terkandung dalam brand khususnya dalam era ekonomi baru, hal itu antara lain 1) brand perusahaan harus mencerminkan nilai-nilai dasar perusahaan; 2) brand manager, 3) pengalaman pelanggan yang positif di setiap titik kontak (memerlukan perencanaan yang komprehensif), 4) Esensi dasar brand harus tercermin dimanapun produk/jasa ditawarkan.
Materi kedua disampaikan oleh Dr. Peni Susapti, M., Si. Terkait dengan pengertian, tujuan, urgensi, dan pentingnya srtifikasi halal. Dalam penyelenggaraan jaminan produk halal terdapat landasan yang mengaturnya. Adapun adapun kewajiban bersertifikat halal tertuang dalam Undang-Undan Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Selain itu dijelaskan pula terkait dengan alur proses sertifikasi halal yang meliputi
melakukan permohonan sertifikasi halal, memberikan kelengkapan dokumen, menetapkan lembaga pemeriksa halal, memeriksa dan/atau menguji kehalalan produk, menetapkan kehalalan produk melalui sidang fatwa halal, dan menerbitkan setifikat halal.
Peserta dalam kegiatan seminar ini ialah 49 UMKM, 8 kepala dusun di Desa Bedono, dan seluruh staf karyawan di kator balai Desa Bedono.